[18 HACK] Optimalkan Akun Instagram Bisnis Untuk Pemula

Optimalkan Akun Instagram Bisnis

Zaman sekarang para pebisnis cenderung memiliki akun di platform instagram untuk berjualan dan promosi. Sehingga angka pengguna akun instagram bisnis semakin melonjak. Supaya pemasaran lebih maksimal sangat direkomendasikan menerapkan hack optimalkan akun instagram bisnis berikut ini.

18 Hack Bantu Optimalkan Instagram Untuk Bisnis

18 Hack Membantu Optimalkan Akun Instagram Bisnis
(foto: suara.com)

Bagi Anda yang masih menggunakan pengaturan akun instagram privat sebaiknya segera ganti ke akun bisnis. Ada beberapa kelebihan dari penggunaan akun bisnis yang menunjang usaha Anda.

1. Optimalkan Akun Instagram Bisnis Dari Gambar Profil

Gambar profil adalah tampilan yang sangat mempengaruhi bisnis Anda. Bahkan dianggap sebagai identitas dan sampul depan usaha. Biasanya instagram untuk bisnis menggunakan foto profil logo perusahaan.

Manfaatnya agar brand semakin dikenal, mudah diingat, dan menghadirkan brand awareness bagi audiens instagram. Disamping itu, gambar profil dengan tampilan logo menjadi lambang profesionalitas perusahaan.

2. Optimalkan Akun Instagram Bisnis Dari Nama

Penamaan bisnis instagram atau perusahaan menjadi hal krusial. Oleh sebab itu, dari pertama akun instagram dibuat dengan nama yang tepat. Baik itu menggunakan penamaan perusahaan dan produk yang dijual.

Nama akun instagram ini menunjukkan citra bisnis. Jadi hindari menggunakan nama pribadi kecuali produk yang Anda jual dengan nama pribadi. Contoh penamaan yang ideal bagi bisnis harus original dan dicantumkan dengan teks tebal “Toko Kue Sedap”. Nama bisnis berguna agar pelanggan selalu mengingat produk Anda.

3. Beralih ke Akun Profesional

Kini banyak akun bisnis yang membuat pengaturan akun terlihat untuk publik. Sebab, mereka ingin menjangkau pelanggan lebih luas. Tidak semua orang ingin langsung menjadi pengikut instagram bisnis tanpa berlangganan produknya terlebih dahulu.

Fitur yang disediakan oleh akun instagram khusus bisnis juga lebih lengkap. Misalnya fitur share postingan dan menanggapi postingan story secara langsung. Ketika akan beralih menjadi instagram bisnis, Anda akan memilih kategori akun. Biasanya terdapat beberapa pilihan sepeti blogger, bisnis, dan tokoh masyarakat.

Peralihan akun bisnis instagram dipilih karena menampilkan detail kontak. Sehingga audiens dapat terhubung langsung dengan admin atau perusahaan. Detail kontak yang ditampilkan yakni alamat, email, dan nomor telepon.

4. Bio Instagram

Bio instagram menjadi salah satu bagian yang efektif optimalkan akun instagram bisnis. Biasanya pada bio dibuat penjelasan singkat tentang bisnis yang dijalani akun instagram. Dapat diisi dengan visi dan misi, selogan, dan hashtag perusahaan.

Menyoal pencantuman hashtag bermerek tidak dapat asal-asalan dibuat. Sebaiknya mempertimbangkan keunikan hashtag.

Contoh bio akun instagram dari perusahaan kecantikan kulit:

 “Menyediakan skin care berkualitas nomor satu di Asia. Menyediakan berbagai perawatan kulit tubuh dan wajah ala dewi kecantikan! #goddesskincare”

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

5. URL

Selain itu, Anda dapat mencantumkan link atau url pada bio instagram. Biasanya digunakan untuk menciptakan lalu lintas pengunjung dari media sosial menuju halaman resmi produk. Url link bio juga memungkinkan otomatisasi link menuju saluran YouTube, halaman pengiklanan, dan landing page khusus. Sehingga pengikut dan audiens Anda dapat mengetahui produk lebih detail dan melakukan transaksi.

6. Sorotan Cerita Instagram

Sorotan cerita instagram menjadi salah satu fitur terdepan dan paling disukai. Sebab kolase dari story yang diposting dapat disimpan dalam sorotan tersebut. Audiens pun dapat melihatnya kapan saja karena tidak terhapus otomatis seperti sorotan cerita.

Biasanya digunakan untuk menyimpan foto koleksi produk, rekomendasi produk, dan kelebihan produk. Anda juga dapat menggunakan sampul sorotan instagram dengan desain logo dan brand supaya terkesan lebih authenthic.

Baca juga : Praktik Mengoptimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

7. Menciptakan Citra Merek yang Kohesif

Menciptakan citra merek sejak awal adalah bagian dari strategi optimalkan akun instagram bisnis perusahaan. Umumnya perusahaan melakukan program pembangunan citra merek secara konsisten. Dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti memilih tema dan warna dari platform instagram.

Warna yang dipilih akan mewakili desain tampilan instagram secara keseluruhan. Misalnya warna logo perusahaan Biznet identik dengan biru tua. Perhatikan setiap postingan foto dan video instagram cenderung menggunakan warna biru tua.

8. Menciptakan Berbagai Jenis Konten

Untuk optimalkan akun instagram bisnis perlu juga membuat konten dengan ide kreatif. Pembuatan konten terfokus dalam tiga hal yakni desain background, objek, dan hal-hal berhubungan dengan produk.

Tentunya perusahaan ingin menghindari konten foto dan video diambil oknum tidak bertanggung jawab. Solusi mencegahnya dengan mencantumkan logo sebagai watermark konten video dan foto.

9. Menunjukkan Kepribadian Merek

Banyak perusahaan menginginkan produk mereka viral dan booming ditengah masyarakat. Namun, untuk mewujudkannya produk harus memiliki kepribadian tersendiri. Sehingga dapat menarik perhatian audiens.

Contohnya pada produk pasta gigi, dalam setiap iklan dan promosi digambarkan orang lagi tertawa. Dapat ditonjolkan nuansa humor maupun edukasi bagi penonton. Disinilah kepribadian merek bermain supaya audiens tidak bosan melihatnya.

10. Konteks Yang Jelas

Konteks merupakan sesuatu yang membangun postingan foto dan video. Perhatikan setiap postingan akun bisnis pasti menampilkan konteks yang jelas. Manfaat dari konteks ini supaya audiens dapat mengerti pesan-pesan yang disampaikan dalam postingan.

11. Tampilkan Backstory

Salah satu hal yang membuat audiens tertarik adalah backstory merek. Maksudnya adalah berbagai cerita yang melatarbelakangi perjalanan merek. Dapat menampilkan foto kolase sejak pertama kali produk dirilis.

Backstory ini akan menggugah hati pelanggan maupun audiens untuk berkomentar. Alhasil, keterlibatan audiens muncul dan dapat mendorong visibilitas produk.

12. Membagikan Inspirasi

Banyak audiens instagram tertarik dengan postingan video dan foto yang menginspirasi. Inspirasi yang dimaksud dapat berupa inspirasi berbagi dengan sesama, inspirasi merubah pola hidup, dan inspirasi lainnya. Dalam konten inspirasi Anda dapat menyelipkan produk yang dipasarkan.

Misalnya, memposting inspirasi pantang menyerah dalam latihan sepak bola yang dilakukan oleh Ronaldo. Dalam perjalanan karirnya, sebelum Ronaldo beristirahat dan tertidur selalu keramas menggunakan merek shampo khusus. Merek shampo inilah yang lebih ditonjolkan.

13. Relatable

Anda dapat memulai pemahaman target audiens supaya dapat terhubung dengan produk. Maksud dari relatable ini dengan mempekerjakan staff yang termasuk demografis audiens. Misalnya, apabila target berusia 18 sampai dengan 30 tahun. Maka perusahaan mempekerjakan admin atau manajer sosial media yang memiliki rentan usia tersebut.

14. Mengedukasi Pengikut Instagram

Platform instagram tidak hanya difungsikan sebagai media pemasaran. Banyak bisnis yang mengedukasi pengikutnya melalui tips-tips dan ilmu-ilmu seputar produk. Hal tersebut membuat audiens menanggapi postingan. Bahkan beberapa diantaranya membeli produk karena menilai perusahaan tahu apa yang mereka mau.

15. Kegiatan Karyawan

Tanpa adanya karyawan suatu bisnis tidak dapat berjalan dengan mulus. Terkadang audiens ingin tahu dengan apa saja yang dilakukan staff dari balik layar. Anda dapat memanfaatkan momen karyawan bekerja untuk dijadikan konten behind-the-scene. Misalnya menampilkan suasana karyawan bekerja, pemandangan kantor, dan pencapaian perusahaan.

16. Quotes Tokoh Terkenal

Kata-kata yang dilontarkan oleh tokoh terkenal dapat menjadi inspirasi audiens. Sesekali anda dapat memposting quotes tersebut dalam bentuk foto ataupun GIF.

17. Sertakan Kalimat CTA

Setelah membuat caption yang menarik, jangan lupa mencantumkan kalimat call-to-action. Tujuannya agar pengikut tahu apa yang harus dilakukan. Call-to-action Instagram dapat berupa ajakan menandai teman, berkomentar, dan mengikuti akun.

18. Menggunakan Emoji

Emoji instagram disinyalir dapat menarik perhatian audiens. Jadi, jangan ragu menambahkan emoji agar postingan terlihat lebih berkesan. Anda dapat menggunakan emoji yang disediakan oleh instagram.

Scroll to Top