Pentingnya Slogan dan Deskripsi Toko Online dalam Memasarkan Produk

Slogan dan Deskripsi Toko Online

Membuka bisnis online shop kian diminati oleh masyarakat karena memudahkan promosi serta jangkauan konsumen lebih luas. Dalam memulai usaha, branding memang perlu diperhatikan untuk menjaring minat pembeli. Salah satu caranya yaitu dengan membuat slogan dan deskripsi toko online supaya pembeli dapat melakukan perbandingan dan tertarik untuk membeli produknya.

Tugas penjual yaitu membuat deskripsi dan slogan yang menarik dan berkaitan dengan produk dan jasa. Slogan ini sifatnya mengajak sehingga harus ditulis dengan kalimat yang gampang diingat dan mudah. Sedangkan, deskripsi perlu ditulis secara detail agar pembeli mengetahui informasi penting di dalamnya.

Sebelum memutuskan berbisnis, berikut ini alasan dan hal penting mengenai slogan dan deskripsi toko online yang wajib disimak bagi pemula.

Mengapa Slogan dan Deskripsi Toko Online Diperlukan?

Slogan dan Deskripsi Toko Online

Persaingan bisnis di e-commerce membuat penjual berpikir kreatif melalui slogan dan deskripsi toko online. Keduanya bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik minat pembeli dengan mempresentasikan visi dan misi dari produk yang dijual. Jadi, penjual perlu menuliskan kalimat dan penjelasan rinci mengenai produk yang dijual untuk menjaring minat konsumen.

Deskripsi dan slogan perlu ditulis agar menjadi pembeda dengan bisnis lain yang berada pada satu niche. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai strategi bisnis untuk menarik pelanggan.

Oleh karena itu, keduanya memang memiliki sifat persuasif atau mengajak, sehingga membuat seseorang tertarik untuk membeli produk yang sedang dipromosikan.

Baca juga: Apa itu Digital Marketing? Pengertian Serta Strategi Untuk Bisnis Anda

Hal Penting yang Harus Dicantumkan Pada Toko Online

Slogan dan deskripsi toko online menjadi bagian penting ketika akan mempromosikan sebuah produk dan jasa melalui internet. Tujuannya yaitu agar memudahkan pelanggan berminat memakai jasa atau membeli produk yang ditawarkan.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus dicantumkan pada deskripsi dan slogan, antara lain:

1. Nama Toko Online

Mencantumkan nama toko online menjadi hal penting dalam memasarkan barang dan jasa melalui e-commerce. Pemilihan nama yang tepat dan sesuai dapat membuat pelanggan mudah mengingatnya serta mencarinya ketika belanja.

2. Slogan yang Menarik

Slogan merupakan kalimat singkat yang bersifat persuasif dan mudah diingat serta bisa digunakan dalam berbagai konteks, misalnya mempromosikan bisnis. Biasanya kalimat ini diletakkan pada bagian atas website dan di bawah logo. Tidak hanya itu, slogan juga bisa digunakan untuk meningkatkan traffic pengunjung dan pelanggan.

Contoh slogan untuk toko online, diantaranya:

  • Mulai Aja Dulu (Tokopedia)
  • Jual-Beli Online Mudah Terpercaya (Bukalapak)
  • Agaisnt Animal Testing (The Bodyshop)
  • Connecting People (Nokia)
  • Life’s Good (LG)

3. Deskripsi Produk yang Dijual

Setelah membuat slogan, penjual bisa melakukan promosi dengan membuat deskripsi tentang produk yang ditawarkan. Misalnya menjual produk kosmetik dapat menulis tentang bahan pembuatan, cara pemakaian, dan lain sebagainya. Deskripsi ini dapat memudahkan pembeli untuk membuat perbandingan dengan produk lain.

Contoh deskripsi produk untuk toko online, antara lain:

  1. Pakaian

Hoodie Roughneck H448 Killer Crown

Material: Katun fleece

Status: Ready Stock

Ukuran (Panjang x Lebar Badan x Panjang Lengan)

S, M, L dan XL

Detail bisa dilihat di tabel.

Kebijakan pengembalian dan penukaran barang:

– Barang boleh ditukar maksimal tiga hari, setelah penerimaan barang selama label masih terpasang.

– Penukaran barang atas kesalahan kami, ongkos kirim akan kami tanggung.

  1. Kosmetik

Whitelab Acne Calming Serum

Kandungan Utama: Tea tree, CICA, dan Hexamidine

Whitelab Acne Calming Serum memiliki kandungan Centella Asiatica dan Tea Tree yang dapat menenangkan kulit dari peradangan dan iritasi akibat jerawat, serta mempercepat penyembuhan kulit berjerawat. Hexamidine di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, serum ini sangat direkomendasikan bagi kulit wajah yang berjerawat.

Cara Pakai: Tuangkan 2-4 tetes serum, lalu oleskan ke seluruh area wajah yang telah dibersihkan. Gunakan setiap pagi dan malam hari sebelum pemakaian krim wajah.

4. Kontak

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan detail mengenai toko, seperti website, alamat, email, nomor telepon, hingga media sosial. Penjual juga perlu menuliskan jam operasional agar pembeli mengetahui waktu pelayanan toko. Kontak ini bertujuan untuk membantu pembeli mengetahui informasi produk terbaru, promo hingga layanan konsumen.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai slogan dan deskripsi toko online yang perlu diketahui. Kedua hal tersebut penting digunakan untuk promosi dan menarik minat beli konsumen.

Pemilihan kata yang tepat bisa menjadi kunci yang mampu meningkatkan hubungan pembeli dan penjual, sehingga berguna untuk branding toko online.

Scroll to Top