Cara Menentukan Tag Produk Instagram Dalam 3 Langkah Mudah

langkah Meletakkan Tag Produk Instagram

Platform instagram semakin hari bertambah popularitasnya. Kini tidak hanya digunakan sebagai platform fotografi semata, tetapi juga tempat menjalankan toko online. Instagram juga menyediakan banyak fitur yang menunjang pengembangan bisnis. Seperti salah satu fitur yang memberikan kemudahan penggunanya untuk berbelanja yakni tag produk instagram.

Tag produk dapat meningkatkan penjualan karena mengarahkan audiens melihat informasi produk lebih banyak. Jadi, tidak mengherankan banyak audiens instagram yang akhirnya tertarik dan membeli produk. Dalam ulasan kali ini akan membahas perihal tag produk instagram dan cara meletakkannya. Check this out!

Alasan Instagram Menjadi Platform Pilihan E-commerce

Jumlah pengguna akun aktif instagram sudah lebih dari satu miliar. Frekuensi pengguna instagram digunakan oleh pebisnis agar dapat menjangkau pelanggan. Ditambah lagi dengan penggunaan fitur berbelanja yakni untuk menandai produk.

Informasi yang dirilis instagram, terdapat 90 juta akun aktif yang mengetuk kiriman dengan tag produk instagram dalam satu bulan. Berkat fitur ini pula, toko online berhasil meningkatkan pendapatan hingga 20%. Contohnya yang dialami brand-brand terkemuka seperti Sephora, LV, Dior, Channel, Givenchy, Cartier, dan lainnya.

Apa Itu Tag Produk Instagram

Tag produk instagram merupakan fitur terbaik yang dirilis pihak instagram. Berisi nama dan harga produk tertentu. Sehingga, audiens instagram dapat melihat detal singkat cukup dengan dua klik. Serta tidak perlu repot lagi kembali ke link bio dan menscrol ulang produk yang diinginkan.

Instagram tidak menyetel tautan yang langsung terhubung dalam caption feed dan story. Tag produk menjadi alternatif bagi audiens dan pemilik toko. Disinyalir pula efektif meningkatkan lalu lintas situs yang terhubung.

Sebelum adanya fitur tag produk instagram, audiens mengakui untuk membeli produk melalui instagram dirasa merepotkan. Apalagi dulu tautan hanya dapat diakses melalui link bio dan fitur swipe-up pada story instagram.

Mengapa Bisnis Penting Menentukan Tag Produk di Instagram

Ilustrasi tag produk instagram
(foto: www.alona.co.id)

Instagram menyatakan sebanyak 80% dari 500 juta akun aktif instagram mengikuti akun bisnis. Kemudian 60% pengguna aktif instagram memperoleh produk baru di platform ini. Sedangkan 75% pengguna aktif instagram mengambil tindakan dengan membeli produk.

Tag produk dianggap paling efektif guna mempercepat pemasaran produk. Bahkan, ada beberapa bisnis kecil yang berkembang setelah memanfaatkan fitur satu ini. BigCommerce mengemukakan akun aktif Instagram mengalami pertumbuhan 1.416% sejak awal berdiri.

Persentase ini diperoleh dari hasil pengamatan lalu lintas audiens yang menjual dan membeli produk melalui tag. Contohnya butik Magnolia memperoleh peningkatan pendapatan sebesar 30%.  Perusahaan mode ini menilai penggunaan fitur tag produk menjadi jalan terbaik menciptakan autentifikasi produk.

Baca juga : Praktik Mengoptimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

Cara Menentukan Tag Produk Instagram

Ingin menandai produk pada akun instagram, pastikan memiliki akun bisnis resmi terlebih dahulu. Tag produk instagram dikhususkan untuk menjual produk berupa barang fisik. Selain itu, dapat terhubung dengan katalog belanja di Facebook. Ikuti cara menentukan tag produk Instagram dalam 3 langkah mudah berikut ini;

#1 Unggah Gambar Produk

Mulailah membuat postingan baru seperti umumnya. Pilih foto dan mengetuk layar untuk memilih filter. Selanjutnya pilih opsi “Tandai Produk” yang ada pada layar tempat menulis caption.

#2 Memberi Tag Produk

Lihat katalog belanja dan seleksi produk yang ingin ditempelkan tag. Pemberian tag produk instagram dapat disamakan seperti tag pada akun instagram. Dalam satu foto dapat ditandai hingga lima produk.

Adanya tag dinilai lebih menarik perhatian audiens. Anda dapat memasukkan tag produk pada satu dan dua produk untuk disorot dalam satu postingan. Sehingga, membuka kesempatan bagi audiens menuju situs website tertentu.

#3 Memulai Penjualan di Instagram

Setelah  produk ditandai tekan opsi publikasi. Jadi, postingan belanja pertama sudah sukses dirilis lengkap dengan tag. Sehingga secara otomatis tombol “Belanja” muncul pada halaman profil bisnis Anda.

Letak lebih detailnya dibawah highlight story dan berada diatas feed instagram. Ketika audiens memilih menu “Belanja” maka ditampilkan semua postingan yang dapat dibeli.

Benarkah Tag Produk Instagram Bantu Meningkatkan Penjualan?

Setiap perusahaan penjualan produk memiliki strategi pemasaran digital yang berbeda-beda. Salah satunya perusahaan yang mempercayakan penggunaan fitur tag produk dan postingandapat dibeli.

Baca juga:  8 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram agar Omset Berkali Lipat

Kini masih banyak orang awam bertanya-tanya perihal efektifitas penggunaan tag produk. Simak penjelasan berikut ini. Dimana tag produk instagram mampu mendatangkan pelanggan sesuai target yang ditentukan.

1. Memanfaatkan Insights Instagram

Insight instagram memungkinkan pemilik akun mengetahui engagement per postingan stories dan feed instagram. Cari tahu efektivitas postingan agar membantu mengukur keberhasilan strategi marketing.

Jika ingin hasil terbaik, maka buat postingan yang menarik. Disamping itu, dianjurkan untuk melakukan pemantauan audiens instagram. Mulai dari mencari tahu tempat tinggal, rentang usia, latar belakang pendidikan, kebiasaan, dan jenis kelamin. Melalui langkah ini dapat menemukan produk-produk unggulan.

2. Caption Optimize

Menuliskan caption pada tiap postingan adalah hal penting ketika berjualan dengan instagram. Tulislah caption seolah Anda tengah bercerita sambil promosi. Mulailah membuat caption menyentuh hati, menarik, dan nyambung dengan produk jualan.

Tidak lupa pula menyelipkan kalimat yang mengandung ‘Call to Action’. Sehingga audiens dapat tertarik dan mengambil tindakan setelah melihat postingan. Misalnya  perusahaan penyedia papan tulis whiteboard Good Whiteboard menjual produk menggunakan akun instagram.

Perusahaan Good Whiteboard memposting ulang foto dari pelanggan yang sedang menulis di papan tulis. Selain itu, menuliskan caption yang menceritakan pengalaman pertama pelanggan menggunakan papan tulis.

Dalam hal ini Good Whiteboard bukan sebatas memposting foto dan membuat caption. Tetapi juga mereka menandai pengguna atau konsumen. Aktivitas seperti ini mendorong audiens dari instagram Good Whiteboard mempelajari produk whiteboard lebih dalam.

3. Menambahkan Hashtag

Ada juga yang menambahkan hashtag pada bagian akhir caption. Hashtag dapat membantu audiens menemukan kiriman yang mereka inginkan. Khususnya menemukan kiriman dapat dibeli yang terhubung dengan situs tertentu.

Contohnya saat mengklik hashtag, audiens akan terhubung dengan semua postingan yang memiliki hashtag tersebut. Walaupun audiens tidak pernah terhubung dengan akun yang menjual produk tersebut.

Coba juga meletakkan hashtag khusus. Dimulai dari penentuan industri atau sub-industri yang belum banyak digunakan. Misalnya hashtag yang berhasil diletakkan yaitu #highendmakeup menampilkan 76.080 pos. Jumlah pengguna hashtag lebih besar daripada hashtag #makeuphighend dengan 12.550 pos. Penggunaan hashtag meningkatkan peluang feed dan stories dijangkau lebih banyak audiens.

4. Membuat Deskripsi Produk

Deskripsi produk sama pentingnya dengan caption instagram. Sertakan deskripsi produk yang informatif, singkat, dan jelas. Sehingga audiens dapat mengetahui produk secara detail. Intinya deskripsi produk hanya memuat poin-poin penting saja.

Pastikan kolom deskripsi produk menjelaskan dimensi produk kepada audiens. Misalnya penjelasan panjang dan lebar dari papan tulis Good Whiteboard. Pada deskripsi produk juga dapat disematkan slogan perusahaan.

5. Setting Konten Produk

Setting konten produk maksudnya untuk membuat konten berupa foto dan video lebih hidup. Caranya dengan menggunakan editan profesional, mode foto HD, suara video jernih. Aturlah konten produk sedemikian rupa untuk memanjakan mata dan pendengaran audiens. Jadi, konten produk yang dipasarkan sangat mengutamakan tampilan estetika dan autentifitas produk.

Scroll to Top