6 Taktik Pemasaran E-commerce Instagram Terbaik Wajib Digunakan

6 Taktik Pemasaran E-commerce Instagram Terbaik Wajib Digunakan

Kini e-commmerce menjadi tren dikalangan pebisnis modern. Apalagi para pembeli dapat bertransaksi kapan saja, sementara para penjual dapat mengupdate produk-produk terbaru. Kehadiran instagram mengoptimalkan taktik pemasaran e-commerce terhadap para pelanggan. Apalagi statistik pengguna instagram dari seluruh dunia lebih dari satu miliar.

Dari angkat tersebut, persentase 72% pengguna instagram memutuskan membeli melalui jaringan instagram. Fakta menariknya adalah rata-rata nilai pesanan yang belum dibayar di Instagram adalah $ 65. Sedangkan nilai pesanan dari produk yang telah dibayar rata-rata $ 103.

Baca juga: Tools Instagram Business Gratis

Persentase dan nilai yang diperoleh e-commerce Instagram seperti statistik diatas nyatanya lebih tinggi dibandingkan Snapchat dan Facebook.

Ingin e-commerce Instagram Anda berkembang optimal? Ikuti 6 taktik pemasaran wajib dibawah ini;

Mengintip 6 Taktik Pemasaran E-Commerce Instagram

Fitur E-Commerce Instagram
(foto: techno.okezone.com)

Siapa sih yang tidak ingin akun bisnis instagram miliknya laris manis dan ramai pengunjung. Cobalah 6 taktik pemasaran khusus e-commerce instagram berikut ini ya.

1. Membuat Strategi Untuk Memelihara Pengikut

Instagram dinilai mampu membantu suatu e-commerce meningkatkan penjualan. Namun, penjualan yang dimaksud tidak serta merta meningkat hanya dengan publikasi foto produk saja.

Supaya penjualan meningkat diperlukan postingan konten bermanfaat dan menghibur. Sehingga, Anda dapat memelihara audiens sekaligus membangun hubungan dengan mereka. Dari hubungan dan ketertarikan inilah berpotensi besar mendatangkan penjualan.

Oleh sebab itu, rencanakan terlebih dahulu strategi untuk memelihata pengikut akun instagram. Mencari tahu jenis konten yang diinginkan melalui fitur jajak pendapat Instagram Story.

Anda dapat membuat konten Instagram Story berupa foto, video, dan infografis. Contoh toko e-commerce Instagram Food52 yang menjual produk alat-alat memasak. Jadi, akun instagram Food52 memelihara pengikutnya dengan cara memposting foto menu-menu masakan dan video memasak yang menarik.

Sehingga, audiens yang datang dan membeli produk Food52, 80% menyukai alat masak dan 20% menyukai resep masakan. Tentunya persentase tersebut relevan dengan penjualan produk di masa depan.

2. Mengambil Foto Produk Secara Profesional

Konten yang berkualitas merupakan konten-konten orisinal buatan Anda sendiri. Menyoal foto konten yang diunggah pada feed sebaiknya diambil secara profesional dan menampilkan foto produk.

Dalam hal ini jangan ragu untuk menyewa jasa fotografer profesional. Sebab, disinyalir efektif menarik audiens melalui tampilan visual produk. Percuma jika produk berkualitas dan kokoh tetapi diambil dari ‘angle’ yang kurang proporsional. Justru membuat produk terlihat amatiran dan mengacaukan postingan feed instagram.

Masih banyak pengguna instagram menerbitkan foto dari situs stok foto. Foto-foto tersebut memang tampilannya menawan tetapi kurang efektif menarik audiens. Bayangkan jika e-commerce Anda ketahuan mengambil foto di stok foto, pasti memperburuk branding dimata pelanggan.

Sangat direkomendasikan mempublikasikan foto berkualitas tinggi untuk memberikan kesan profesional. Selain itu, penting pula merekam video profesional dan mengeditnya menggunakan tools InVideo.

InVideo termasuk alat editing video profesional khusus diposting pada instagram dan memiliki berbagai pilihan template menarik. Mengedit satu template saja dapat mengoptimalkan video agar tampak profesional. Salah satu perusahaan yang menggunakan InVideo adalah The Body Shop.

InVideo membuat setiap foto dan video yang diposting terlihat lebih jelas dan tajam. Tentunya hal ini mengundang ketertarikan dari pengunjung yang ingin mengetahui produk dari The Body Shop.

Terutama detail dan tiap sudut produk tersebut, seperti tutup botol dan isi dari skincare. InVideo juga dinilai efektif menampilkan produk melalui video dan foto supaya tampak profesional. Pada bagian-bagian kosong dapat ditambahkan sticker menarik seperti bunga-bunga.

Sementara waktu mengeditnya cukup singkat, tidak memakan waktu berjam-jam. InVideo juga memungkinkan Anda memilih filter yang pas dengan tema foto. Alhasil, foto yang dipublikasikan tetap terlihat fresh meskipun telah diunggah selama berbulan-bulan.

3. Membuat Postingan Dapat Dibeli

Salah satu masalah dari postingan e-commerce pada instagram adalah belum memungkinkan pembelian langsung. Sehingga, banyak dari toko e-commerce memasang link bio. Meskipun dapat menyematkan link pada instagram story tetap saja syaratnya harus memiliki lebih dari 10.000 pengikut.

Sementara, saat ini e-commerce Instagram mengandalkan link bio untuk membawa pengunjung ke halaman produk. Bagi sebagian pengunjung hal ini terkesan merepotkan. Apalagi harus meninggalkan postingan yang diminati, membuka halaman profil, dan mencari produk melalui tautannya.

Selain itu, pengunjung seringkali merasa terganggu dan akhirnya beralih ke toko lain. Tentunya tindakan pengunjung ini akan memengaruhi rasio konversi Anda. Sangat diperlukan cara praktis agar pengikut dapat membeli langsung dari langsung dari postingan.

Satu-satunya alternatif yakni ‘bantuan kiriman’ yang dapat dibeli. Fitur posting Instagram yang dapat dibeli juga dapat ditandai pada postingan foto. Jadi, akan muncul ikon tas belanja yang menandakan ada produk yang di-tag pada postingan tersebut.

Selanjutnya ikon belanja dapat diklik agar terhubung secara otomatis dengan halaman landing produk. Aplikasi seperti ini akan mempermudah pengunjung, serta pemilik e-commerce intagram dapat meningkatkan lalu lintas dan penjualan.

4. Menggunakan Link Bio Yang  Shoppable

Apabila telah mengaplikasikan posting yang dapat dibeli, artinya pada link bio tidak perlu disematkan tautan. Inilah saatnya membangun link bio agar terlihat profesional bagi bisnis. Anda juga dapat menggunakan hashtag pada bio atau profil. Namun, hashtag yang digunakan harus bermerek seperti # ’nordstrom’.

Fungsinya ketika orang-orang mencari Nordstrom maka profil Anda ditampilkan pada layar atas dari halaman pencarian instagram. Jadi, pengunjung dari berbagai wilayah dapat dengan mudah menemukannya dan melakukan pembelian.

Berbeda ketika menggunakan hashtag tidak bermerek seperti ‘#pakaian’. Efektifitasnya tidak sama dengan hashtag dari brand terkemuka. Bahkan, hashtag tidak bermerek tersebut akan mendatangkan penjualan lebih sedikit.

5. Analisis Data Anda Dan Kompetitor

Meskipun strategi e-commerce Instagram terlihat sempurna, masih ada kemungkinan melakukan kesalahan untuk pertama kali. Oleh sebab itu, Anda wajib menganalisis dan membandingkan posting Anda dengan posting kompetitor.

Dalam hal ini sangat disarankan menggunakan alat analisis Instagram seperti Sproutsocial. Dari sini akan ditampilkan metrik perkembangan bisnis dan kemajuan peningkatan citra merek.

Adapun metrik yang disajikan berupa engagement pengikut dan laju penayangan dari postingan. Metode ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk dan lalu lintas pengunjung.

Sebaiknya hindari terfokus pada jumlah penjualan. Melainkan fokus utama harus merujuk pada jumlah keuntungan dan penggunaan metode berbayar seperti iklan maupun pemasaran influencer.

Semua data-data tersebut harus terintegrasikan untuk memperoleh pemahaman lengkap terkait efektifitas penjualan melalui e-commerce. Jangan lupa memantau perkembangan laporan untuk mengetahui lalu lintas penjualan dan pengunjung secara lebih rinci.

Baca juga: Ide Kreatif Membuat Giveaway Instagram Untuk Bisnis Anda

6. Menampilkan Konten Buatan Pengguna Di Store

Taktik terakhir adalah memfokuskan terhadap umpan balik yang diberikan oleh pelanggan. Misalnya ada pelanggan yang memfoto dirinya tengah menggunakan produk Anda dengan sukacita. Bagikan konten tersebut pada story e-commerce instagram Anda dan buat kata-kata menarik.

Hal tersebut menjadi bukti sosial bahwa produk Anda disukai. Jangan lupa menandai akun pelanggan tersebut. Cara seperti ini juga membuat pelanggan merasa dihargai dan memunculkan loyalitas pelanggan.

Selain itu, produk Anda akan dinilai lebih populer dan otentik. Kebiasaan orang-orang adalah suka membeli pengalaman dibandingkan produk.

Penerapan taktik pemasaran e-commerce melalui instagram menjadi maksimal apabila pengikut instagram berjumlah banyak. Untuk itu, Anda perlu menerapkan cara menambah followers instagram yang efektif.

Scroll to Top