Tips Upgrade Profil Bisnis Instagram

Tips Upgrade Profil Bisnis Instagram

Bukan rahasia lagi banyak bisnis konvensional membuat akun instagram khusus untuk menjual produk. Pasalnya instagram memiliki fitur-fitur yang mendorong penjualan, pemasaran dan promosi bisnis. Salah satu bagian yang diperhatikan adalah profil bisnis instagram.

Adanya profil bisnis yang profesional dinilai mampu meningkatkan brand awareness dan meningkatkan engagement. Profil bisnis yang menarik juga menjadi tempat promosi bagi audiens.

Kini membangun profil bisnis tidak sulit asalkan memanfaatkan fitur-fitur berikut ini. Ada banyak fitur yang dinilai efektif seperti berkirim pesan, lokasi, linktr, dan lainnya. Jangan lupa tujuan adanya akun bisnis untuk menciptakan pengalaman menarik bagi audiens dan pengikut.

Sehingga, audiens yang melihat profil bisnis tahu secara keseluruhan apa tujuan akun tersebut. Seperti produk apa yang dijual, lokasi, visi dan misi, jumlah pengikut, dan lainnya. Konten merupakan salah satu kunci kesuksesan toko online instagram. Oleh karenanya, harus dibuat sedemikian kreatif dan inik.

Fitur Mengoptimalkan Profil Bisnis Instagram

Profil Bisnis Instagram Meningkatkan Pendapatan
(foto: www.exrush.com)

Platform instagram zaman sekarang sangat berkembang pesat. Masyarakat menggunakannya untuk berbagai hal, seperti mengekspresikan diri, promosi, berjualan, dan mencari teman baru. Ayo buat profil bisnis instagram lebih ‘eye catching’ dengan menggunakan 5 fitur berikut. Sangat cocok diterapkan oleh pengguna dan profesional digital marketing.

1. Pengembangan IGTV Mempercantik Profil Bisnis Instagram

Instagram TV atau ini merupakan fitur yang masih hangat dirilis. IGTV dianggap sebagai platform video vertikal yang memuat durasi video lebih lama. Biasanya perusahaan menggunakan IGTV untuk kepentingan pemasaran, hiburan, dan mengedukasi audiens.

Contoh akun bisnis yang postingan video IGTV nya viral yakni Buzzfeed Tasty. Dimana keviralan ini berawal dari video tutorial memasak yang ringkas dan virtual berkualitas. Banyak audiens mengaku betah berlama-lama menonton postingan IGTV dari Buzzfeed Tasty.

Semua video yang ditayangkan berdurasi maksimal 3 menit. Selain itu, cara memasaknya dibuat sangat ringkas sehingga tidak menghabiskan waktu melihat prosesnya. Adapun video IGTV yang difavoritkan oleh audiens berjudul “Behind Tasty“. Dari postingan segmen tersebut berhasil menarik penonton lebih dari 1 juta orang.

Buzzfeed Tasty seolah tahu apa yang diinginkan oleh audiens. Oleh karenanya mereka menampilkan cara memasak yang berbeda dari biasanya. Melalui video IGTV “Behind Tasty” tersebut banyak audiens merasa semakin dekat dengan perusahaan.

Salah satuhal menarik adalah segmen memasak yang diisi oleh para koki profesional. Seperti koki hotel berbintang, koki restoran, koki terkenal, hingga koki kapal pesiar. Buzzfeed Tasty tidak hanya menampilkan video memasak saja, tetapi juga tips-tips. Mulai dari tips table manner, tips mengupas buah, dan tips membuat ornamen dari buah-buahan.

Audiens yang melihat IGTV Buzzfeed Tasty seperti dimanjakan dan beruntung. Sebab normalnya pembelajaran seperti ini diperoleh dari kursus yang memakan biaya besar. Banyak audiens yang menerapkan resep-resep dari Buzzfeed Tasty dan hasil makanan diposting pada akun instgram mereka.

Seringkali Buzzfeed Tasty menampilkan video ‘behind the scene’. Baik itu ketika mengedit video, persiapan sebelum syuting, hingga kegiatan asisten koki sebelum acara dimulai. Sentuhan pribadi seperti ini sangat menarik bagi audiens dan membuat mereka tertarik menonton berkali-kali.

2. Instagram Story Berkualitas Profil Bisnis Instagram

Fitur instagram story paling banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan, sejak awal dirilis fitur ini semakin berkembang dan dibuka setiap hari oleh lebih dari 200 juta akun aktif. Instagram story juga membawa pengaruh besar bagi perkembangan bisnis.

Khususnya akun bisnis yang diikuti lebih dari 10 ribu pengikut aktif. Pemilik akun baik itu perusahaan dan perseorangan dapat menggunakan fitur swipe-up. Dimana cukup melakukan gerakan geser ke atas sudah terhubung secara otomatis pada website yang ditujukan.

Sehingga, tidak mengherankan keberadaan instagram stories mampu meningkatkan engagement konten. Popularitas konten juga dapat naik melalui postingan rutin instagram stories.

Bahkan, berdasarkan data yang dirilis BBCnews(dot)com, instagram stories memiliki popularitas jauh lebih tinggi dibandingkan snapchat stories. Instagram stories memiliki berbagai fitur yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Stiker jajak pendapat digunakan untuk menyandingkan dua pilihan kepada audiens. Versi klasinya adalah pilihan ‘Yes’ dan ‘No’. Mintala audiens menekan salah satu pilihan sesuai hati mereka.
  2. Stiker pertanyaan bermanfaat untuk mendorong audiens bertanya kepada Anda. Selain itu, mendorong audiens merespon pertanyaan dari Anda. Contohnya meminta pendapat dari pengikut instagram mengenai produk terbaru dan meminta masukan.
  3. Fitur jajak pendapat dengan penggeser emoji. Biasanya dimanfaatkan untuk melihat perasaan audiens terhadap produk tertentu. Misalnya, menyuguhkan emoji hati-mata penggeser untuk melihat seberapa besar audiens menyukai diskon.
  4. Backsong story yang dapat digunakan untuk memuat musik kesukaan. Sehingga apa yang diposting dalam story menjadi lebih menyentuh audiens. Disamping itu, membuat postingan terkesan lebih wow.

3. Memberikan Bantuan Melalui Obrolan

Beberapa merek tidak ragu-ragu memberi bantuan kepada pelanggan melalui obrolan video instagram. Contohnya, penjual baju dress wanita sering kali memperoleh pertanyaan mengenai warna dress ideal sesuai tinggi badan dan warna kulit.

Anda bisa mengizinkan salah satu audiens beruntung untuk berinteraksi melalui video obrolan. Coba lihat bagian kanan atas umpan dan pilih tombol ‘+’. Kemudian pilih 1-3 akun instagram untuk diajak berinteraksi bersama melalui video.

Ketuk bagian sudut kanan atas instagram agar orang yang dipanggil untuk mengobrol memperoleh pemberitahuan obrolan masuk instagram. Fitur obrolan video ini membuat audiens merasa lebih dekat dan ditanggapi.

Jangan ragu memberikan edukasi kepada audiens. Alhasil, mereka lebih merasa ‘intimate’ dan berniat membeli produk Anda lagi.

Baca juga : Praktik Mengoptimalkan Penggunaan Akun Bisnis Instagram

4. Tautkan Hashtag Pada Bio Profil Bisnis Instagram

Fitur hastag sangat penting karena dinilai membuat pencarian instagram lebih mudah. Terutama mencari apa yang dibutuhkan audiens dalam waktu singkat. Disamping itu, hashtags dinilai menjadi alat mutakhir dalam memperluas jangkauan target audiens.

Hashtag di instagram diibaratkan sebagai kata kunci yang dimasukkan dalam mesin pencarian Google. Hashtag juga mampu meningkatkan keterlibatan audiens. Asalkan hashtag yang digunakan bermerek dan dicantumkan oleh influencer maupun audiens yang memiliki banyak pengikut.

Salah satu contoh merek populer yang menggunakan hashtag adalah Victoria Secret. Hastag #victoriasecret seringkali mewarnai postingan model papan atas. Apabila dicari hashtag tersebut sudah digunakan oleh 500 ribu postingan pengguna instagram.

Biasanya akun yang memajang hashtag #victoriasecret menampilkan foto dan video tengah menggunakan produk tersebut. Jadi tidak mengherankan banyak orang yang bereaksi. Penggunaan hashtag juga dianggap sebagai media promosi gratis yang efektif. Popularitas dari merek yang dijadikan hashtag dapat meningkat dan akhirnya viral.

5. Postingan Feed ke Instagram Story

Memposting konten feed merupakan hal wajib untuk mempercantik profil bisnis instagram. Langkahnya sangat gampang, cukup mengklik tombol panah pada bagian kanan bawah konten dan pilih share ke stories instagram.

Penggunaan fitur ini bertujuan agar audiens stories mengecek postingan feed instagram yang ditujukan. Selain itu, membuat cara postingan stories lebih praktis karena tidak dilakukan secara manual. Biasanya diaplikasikan pada foto kolase, video IGTV, kontes instagram, dan giveaway.

Scroll to Top