5 Bisnis Online untuk Pelajar SMP Tanpa Modal Terbaik

bisnis online untuk pelajar smp tanpa modal
Sumber gambar: unsplash.com/@mimithian

Apa bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal dan paling potensial? Yuk. cari tahu jawaban di postingan kami kali ini!

Di zaman serba teknologi seperti saat ini, berbisnis bukan lagi perkara yang hanya dapat dilakukan oleh para orang dewasa. Banyaknya referensi dan juga teknologi terkait dengan pembangunan bisnis yang dapat diakses dengan mudah membuat bisnis saat ini dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk pelajar SMP.

Terdapat cukup banyak kisah anak SMP di luar negeri yang sukses membangun kerajaan bisnisnya, bahkan menjadi CEO dari bisnis yang didirikan. 

Sebut saja beberapa nama yang sempat mencuat di media internasional, seperti Farrhad Acidwalla yang sukses menjual website pada saat berumur 12 tahun, Ollie Forsyth yang sukses membangun fashion online shop saat ia berusia 13 tahun dan masih banyak lagi.

Nah, untuk kamu para remaja SMP yang ingin mengikuti jejak para remaja sukses sebelumnya. Kami telah merangkum beberapa ide bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal yang mungkin dapat menjadi titik awal kamu.

Penasaran dengan apa saja ide bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal tersebut?

Langsung saja, simak ulasan selengkapnya yang telah kami rangkum di bawah ini.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar SMP Tanpa Modal

bisnis online untuk pelajar tanpa modal
Sumber gambar: unsplash.com/@brucemars

Melansir informasi dari beberapa situs bisnis ternama, berikut ini adalah beberapa ide bisnis dan jualan tanpa modal yang cocok dilakoni oleh anak SMP.

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah ide bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal pertama dalam daftar rekomendasi kami. Dropship adalah sistem penjualan online dimana pelaku bisnis dapat memasarkan produk orang lain, tanpa harus melakukan stock atau membeli barang terlebih dahulu. 

Jenis bisnis ini terbilang membutuhkan modal yang cukup kecil, sehingga cocok untuk dicoba oleh anak muda, termasuk pelajar SMA.

Cara kerja dari bisnis dropship ini sendiri cukup sederhana, dimana kamu harus mendaftar sebagai supplier atau dropshipper untuk suatu brand, e commerce atau marketplace tertentu.

Selanjutnya, kamu dapat memasarkan produk dari partner dropship kamu dengan harga yang kamu tentukan. Ketika kamu mendapatkan pembelian, kamu dapat langsung memesan produk yang dibeli oleh customer mu ke brand, marketplace atau toko online yang bekerja sama dengan kamu. 

Pihak tersebut akan mengirimkan barang ke customer mu atas nama toko online kamu sebagai penjual.

2. Jasa Titip (Jasa Titip)

Bisnis jastip atau jasa titip menjadi ide bisnis online untuk pelajar tanpa modal selanjutnya di daftar kami. Bisnis ini sempat booming beberapa tahun belakang dan bahkan masih diminati hingga hari ini.

Bisnis ini memiliki alur yang cukup sederhana, dimana pelaku menawarkan jasa pembelian barang tertentu di suatu kota. Misalnya, jika kamu berada di Yogyakarta, kamu dapat membuka jasa titip untuk pembelian sejumlah produk khas Yogyakarta.

Dari bisnis ini, kamu dapat mendapatkan keuntungan dari biaya layanan untuk setiap pembelian dan pengiriman barang yang kamu lakukan. 

3. Memulai Blog Profesional

Mengapa memulai blog termasuk dalam kategori bisnis online dalam hal ini?

Jawabannya sederhana. Hal tersebut dikarenakan blog memiliki banyak potensi untuk mendatangkan pundi pundi rupiah bagi pelakunya, mulai dari Google Adsense, sponsorship, menjual produk dan masih banyak lagi.

Selain itu, blogging sendiri saat ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Terdapat banyak platform blog yang dapat digunakan untuk memulai sebuah blog, mulai dari WordPress, Blogspot, tumblr dan lainnya.

4. Berjualan Barang Bekas

Barang milikmu yang tidak terpakai lagi memiliki potensi besar menjadi ladang bisnis. Dalam hal ini, kamu dapat mencoba menjual sejumlah barang bekasmu (yang masih dalam kondisi baik). Jenis bisnis ini dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk anak SMP.

Media penjualan yang dapat kamu andalkan sendiri beragam, mulai dari media sosial, marketplace, blog dan lainnya.

Sebagai contoh:

Misalnya kamu memiliki sejumlah banyak yang size nya telah tidak cocok lagi dengan badanmu (kekecilan). Kamu dapat mencoba menjualnya secara online di media sosial atau marketplace.

5. Bisnis Offline Go Online

Bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal terakhir dalam daftar kami adalah bisnis offline go online. Bisnis offline go online yang dimaksud disini adalah upaya menjual barang yang umumnya dijual secara langsung menjadi dapat dijual secara online. Praktik bisnis offline go online terbilang semakin banyak ditemukan hari ini. Terdapat banyak platform yang menaungi aktivitas bisnis ini.

Adapun beberapa contohnya adalah seperti:

  • Menjual makanan melalui gofood.
  • Menjual sayur atau makanan di marketplace belanja online.
  • Menjual jasa print 3d di marketplace 
  • Dll.

Itulah beberapa contoh ide bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal yang dapat kamu pertimbangkan sebagai titik awal untuk memulai atau belajar berbisnis. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk kamu yang membacanya.

Jangan lupa untuk tetap mengikuti blog ini agar kamu tidak ketinggalan ulasan menarik lainnya seputar bisnis dari kami. Terima kasih telah menyempatkan membaca.

Baca Juga: 5 Contoh Iklan Dengan Tema Bisnis Online Terbaik

Tribble Agency adalah perusahaan digital marketing yang berspesialisasi dalam layanan jasa backlink untuk membantu meningkatkan otoritas dengan metode link building yang berdampak langsung mengarahkan pengunjung yang potensial.