Cara Mengaktifkan Gratis Ongkir Shopee untuk Penjual dalam 5 langkah Mudah dan Praktis

Cara Mengaktifkan Gratis Ongkir Shopee untuk Penjual

Keberadaan gratis ongkir pada aplikasi marketplace populer seperti Shopee bisa meningkatkan omset penjualan secara signifikan. Sehingga banyak penjual yang akhirnya tergiur untuk mencoba mengaktifkan fiturnya. Penasaran dan ingin tahu bagaimana prosedurnya? Ikuti saja sajian menarik tentang cara mengaktifkan gratis ongkir Shopee untuk penjual yang telah dirangkumkan secara istimewa, sebagai berikut:

1. Masuklah ke Shopee Seller Center

Langkah pertama yang harus dilakukan pengguna sebagai cara mengaktifkan gratis ongkir Shopee untuk penjual ialah membuka laman Shopee Seller Center via aplikasi ponsel. Jika Anda belum memiliki aplikasi, bisa download di playstore, disini.

Cara Mengaktifkan Gratis Ongkir Shopee untuk Penjual

Selanjutnya, sejumlah instruksi kerja yang diterangkan berikut ini:

  • Mula-mula nyalakan perangkat ponsel, lalu sambungkan dengan koneksi internet baik menggunakan hotspot, Wifi, paket data atau yang lain;
  • Setelahnya, segera buka browser yang telah terpasang pada perangkat;
  • Lanjutkan dengan mengetik perintah Shopee Seller Center di pencarian atau kata kunci lain yang relevan, lalu klik pada penyaranan teratas; dan
  • Bila halaman Shopee Seller Center telah terbuka, maka segera log in menggunakan akun resmi pelapak yang telah teregistrasi.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee? [5 Hal Penting Untuk Ketahui]

2. Buka Menu Gratis Ongkir

Ketika telah berhasil masuk di akun Shopee Seller, maka langsung klik menu beranda yang berada di sebelah pojok kiri atas layar. Setelah itu, carilah penawaran gratis ongkir dari Shopee dan ikuti sejumlah petunjuk berikut:

  • Kliklah pada ikon gratis ongkir yang ada pada beranda utama tersebut;
  • Lalu pada opsi yang dimunculkan pilihlah Semua Gratis Ongkir;
  • Kemudian lanjutkan dengan mengklik pada pilihan Daftar Sekarang; dan
  • Tunggulah selama beberapa saat sampai muncul pesan pop up.

3. Isikan Form Pendaftaran yang Diminta

Berikutnya langkah ketiga dalam cara mengaktifkan gratis ongkir Shopee untuk penjual ialah mengisikan data pada form pendaftaran. Yakni berisikan sejumlah dokumen pribadi penjual yang dipergunakan untuk proses verifikasi oleh pihak Shopee, yang terdiri dari:

  • Informasi nama pengguna yang wajib ditulis secara lengkap sesuai dengan dokumen identitas sah yang dimiliki;
  • Nomor KTP ataupun KITAS yang harus ditulis secara hati-hati agar akurat dan tidak terjadi kesalahan satu digit pun; serta
  • Foto selfie dengan memegang foto kartu identitas yang dapat terbaca dengan jelas, agar proses verifikasi dapat dijalankan dengan lancar dan tanpa masalah.

4. Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Diberikan

Sesudah melakukan pengunggahan, sebaiknya penjual tidak buru-buru mencentang opsi Kirim yang terdapat di bawah formulir. Melainkan menyimak terlebih dahulu syarat dan ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh Shopee yang lazimnya memuat imbuhan seperti:

  • Jangka waktu program gratis ongkir untuk penjual yang bisa dimanfaatkan;
  • Ketentuan mengenai batasan penggunaan voucher baik untuk toko maupun item produk tertentu;
  • Batasan pemakaian transaksi dengan voucher gratis ongkir setiap harinya;
  • Otoritas pihak Shopee untuk mengubah ketetapan dan persyaratan dengan atau tanpa adanya penginformasian terlebih dahulu kepada para penjual;
  • Informasi transaksi yang tetap dapat dilakukan secara suka-suka tanpa harus menggunakan voucher gratis ongkir; dan
  • Berbagai macam syarat dan ketentuan lainnya yang mungkin saja diterapkan oleh pihak Shopee pada periode tertentu.

5. Tunggu Notifikasi Resmi dari Shopee

Terakhir, yang harus dilakukan adalah menunggu notifikasi resmi dari pihak Shopee yang biasanya memerlukan waktu paling lama 2 hari kerja untuk mereview permohonan. Sembari menunggu hal tersebut, sebaiknya lakukanlah upaya optimasi voucher gratis ongkir, dengan cara:

  • Memperbarui deskripsi berat produk baik yang berupa estimasi berat maupun dimensi volume, agar tidak mengalami pembengkakan ongkir yang merugikan di akhir pencairan dana;
  • Memilih dan menyortir jenis ekspedisi tertentu sesuai dengan ketentuan Shopee dan keadaan di wilayah masing-masing, seperti JNE Express, J&T, Ninja Express, Kantor Pos Indonesia, atau layanan ekspedisi yang bekerjasama lainnya; dan
  • Serangkaian tindakan lain yang bisa mengoptimalkan omset penjualan dari adanya gratis ongkir seperti update harga, potongan tambahan khusus, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Menggunakan Sistem COD Ninja Express Dalam 3 Langkah

Nah, demikianlah tadi serangkaian informasi yang dapat diberikan mengenai cara mengaktifkan gratis ongkir Shopee untuk penjual. Bagaimana? Tidakkah tergiur untuk memakai layanan ini sebagai upaya optimasi omset penjualan pada toko online yang dimiliki? Jika tertarik, maka lekas saja jalankan instruksinya! Agar voucher segera terpasang dan pesanan pembeli pun mulai berdatangan!

Scroll to Top